• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Pemerintah Pusat Gelontorkan Anggaran DBHCHT Rp 77 Miliar Untuk Kabupaten Situbondo Sebagai Penghasil Tembakau

    trilokanews
    Rabu, Oktober 09, 2024, 17.11 WIB Last Updated 2024-10-09T10:12:32Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo, Sugiono


    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mendapat anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2024 sebesar Rp 77 miliar lebih. Anggaran jumbo tersebut diberikan karena Situbondo sebagai salah satu daerah penghasil tembakau.

    Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Situbondo, Sugiono mengatakan, bahwa anggaran DBHCHT tahun ini diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat. Dari Rp 77 miliar anggaran DBHCHT ini dialokasikan 50 persen untuk program kesejahteraan, 40 persen untuk bidang kesehatan, dan 10 persen untuk penegakan hukum.

    “ Keberhasilan pemanfaatan anggaran ini sangat bergantung pada kerjasama Organisasi Perangkat Daerah (OPD -red) terkait. Misalnya, melalui program yang meningkatkan kualitas bahan baku dan keterampilan kerja masyarakat, ”ujarnya, Senin (07/10/2024).

    Sugiono melanjutkan, dalam bidang kesehatan, alokasi DBHCHT mencakup peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan, sanitasi, serta pengelolaan air bersih. 

    “Termasuk di dalamnya ada pembayaran iuran jaminan kesehatan masyarakat yang terdaftar di pemerintah daerah Kabupaten Situbondo,” bebernya.

    Sugiono memaparkan, anggaran DBHCHT juga ada di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sebesar Rp16,9 miliar, Dinas PUPP sebesar Rp4,5 miliar. “Di tiga RSUD juga ada itu sekitar Rp15 miliar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan,” tegasnya.

    Untuk penegakkan hukum bidang cukai, kata Sugiono, maka berbentuk sosialisasi perundang-undangan bidang cukai, pemberantasan rokok ilegal dan pengawasan peredaran barang kenak cukai lainnya.

    “Dengan adanya anggaran DBHCHT ini diharapkan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Situbondo dapat terwujud dan juga pemberantasan peredaran rokok ilegal bisa maksimal. Mari kita dukung langkah ini untuk menciptakan Situbondo yang lebih sehat dan sejahtera,” pungkasnya. (Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini