• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Ajak Warga Untuk Datangi TPS dan Tidak Golput, KPU Situbondo Gelar Serah Terima Kirab Maskot Pilkada Serentak Tahun 2024

    trilokanews
    Minggu, September 15, 2024, 21.31 WIB Last Updated 2024-09-15T14:32:59Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
     
    Caption foto - KPU Situbondo Saat Melakukan Sosialisasi Pawai Keliling Bersama Komisioner KPU, PPK dan PPS Se-Kabupaten Situbondo

    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, menggelar kirab maskot Pilkada serentak tahun 2024 dimulai start depan kantor KPU Kabupaten Situbondo dan finish di pendopo Aryo Situbondo, Minggu (15/09/2024) siang.

    Acara Serah Terima Kirab Maskot Pilkada Serentak tahun 2024 di pendopo Aryo Situbondo tersebut, merupakan bagian dari persiapan menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, serta Bupati dan Wakil Bupati Situbondo yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

    Kirab Maskot ini tidak hanya bertujuan mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat, akan tetapi juga untuk mendidik pemilih dan mendorong partisipasi publik dalam pemilihan umum. 

    Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Situbondo yang diwakili oleh Sekdakab Situbondo Wawan Setiawan, serta sejumlah pejabat seperti Forkopimda, Bakorwil 1 Situbondo dan ketua KPU bersama komisioner KPU dari provinsi maupun Kabupaten/kota. Selain itu, turut hadir Bawaslu Kabupaten Situbondo, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Situbondo.

    Pasalnya, ada dua maskot yang dilakukan kirab keliling Situbondo yakni si Jalih (Jatim memilih) untuk pemilihan Gubernur Jatim dan si Mesi (Merak Situbondo) untuk pemilihan Bupati Situbondo.

    Maskot Pilkada Jawa Timur, “Si Jalih” dan Maskot Pilbup Situbondo " Si Mesi", tiba di Alun-alun kota Situbondo dengan iringan marching band dan tari kesenian Blekok yang memeriahkan suasana.

    Sekretaris Daerah kabupaten (Sekdakab) Situbondo, Wawan Setiawan mewakili Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga persatuan dalam proses demokrasi dan berharap Pilkada 2024 berlangsung tertib, lancar dan damai. 

    " Saya juga berharap maskot Pilkada ini dapat menginspirasi masyarakat Situbondo untuk menggunakan hak pilih mereka dengan bijak, "ucapnya.

    Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Hadi Prayitno kepada awak media ini menjelaskan, bahwa kirab ini merupakan bagian dari sosialisasi untuk menunjukkan kesiapan KPU dalam menggelar Pilkada tahun 2024. Kirab ini dilakukan secara estafet di 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur dan Situbondo menerima giliran pada 15 September sebelum maskot diteruskan ke Kabupaten lainnya.

    Ketua KPU yang juga mantan wartawan ini, dihadapan para awak media mengatakan, bahwa maskot yang dikirab itu sebelumnya dari KPU kabupaten Banyuwangi sebelum dilakukan kirab di Kabupaten Situbondo.

    " Kirab Maskot sebagai sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, jika pada 27 November 2024 mendatang, KPU Kabupaten Situbondo menggelar Pilkada serentak, yakni Pilgub dan Pilbup, "kata Hadi Prayitno, Minggu (15/09/2024) siang.

    Hadi Prayitno menyampaikan, bahwa yang ikut serta dalam kirab maskot yakni sebanyak 498 peserta yang terdiri dari penyelenggara teknis komisioner PPK Kecamatan dan jajaran PPS tingkat Desa.

    " Ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Tujuannya, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, agar menyalurkan hak pilihnya di Pilkada serentak tahun 2024, "ujarnya.

    Sehingga nanti, Sambung Hadi, berharap agar masyarakat Kabupaten Situbondo untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pilkada serentak dengan cara datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

    " Kami berharap masyarakat menggunakan hak suaranya dengan datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Mengingat pada Pilkada serentak 2024, kami menargetkan partisipasi pemilih sebesar 90 persen, "pungkasnya. 

    Sekedar diketahui, acara ditutup dengan pemberangkatan Kirab Maskot ke 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, serta hiburan dari atraksi marching band, yel yel untuk suksesnya Pilkada 2024 dari masing PPK, tari Blekok dan penampilan artis dangdut Jawa Timur. (Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini