• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Bung Karna Ucapkan Terima Kasih Pada Wartawan, Jadi Irup Harjakasi ke- 206 Bertema “Situbondo Berjaya Berkelanjutan

    trilokanews
    Jumat, Agustus 16, 2024, 07.58 WIB Last Updated 2024-08-16T00:58:08Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur – Bupati Situbondo, Drs.H.Karna Suswandi, MM menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke- 206 Tahun 2024 di Alun-alun kota Situbondo, Kamis (15/08/2024). Acara tersebut mengusung tema “Situbondo Berjaya Berkelanjutan “.

    Bupati Situbondo yang akrab disapa Bung Karna ini dalam sambutannya menyampaikan, bahwa peringatan Harjakasi ke- 206 Tahun 2024 menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang dilakukan dan disumbangkan untuk Kabupaten Situbondo. Khususnya dalam mendorong terciptanya peradaban yang lebih maju. 

    “ Mari kita semua semangat mewujudkan masyarakat Situbondo yang lebih berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya berkelanjutan, ”ujarnya.

    Sambung Bung Karna, dalam memperingati Harjakasi ke- 206 ini juga merupakan salah satu wujud penghargaan terhadap para pendahulu dalam membangun peradaban di Kabupaten Situbondo, termasuk kepada bupati dan wakil bupati sebelumnya yang telah berjasa terhadap pembangunan yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat Situbondo.

    “ Saya sebagai Bupati Situbondo mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut berkontribusi positif dalam mensejahterakan masyarakat. Berbagai macam penghargaan alhamdulillah berhasil kita raih, baik tingkat nasional maupun provinsi, ”imbuhnya.

    Lebih lanjut Bung Karna juga menyampaikan, apresiasinya kepada para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, termasuk kepada teman-teman wartawan yang telah membantu dan memberikan kontribusi positif bagi pencapaian pembangunan di Kabupaten Situbondo.

    “ Situbondo telah mengalami kemajuan cukup signifikan mulai dari aspek fisik maupun sosial budaya, ekonomi dan lingkungan. Ini ditandai dengan capaian kinerja Pemkab Situbondo yang semakin baik. Di antaranya Indeks Pembangunan Manusia atau IPM mengalami kenaikan tahun 2022 sebesar 69,76 persen di tahun 2023 naik menjadi 70,65 persen. Sedangakan angka kemiskinan pada tahun 2023 sebesar 11,90 persen, turun pada 2024 menjadi 11,51 persen. Ini sesuai rilis Badan Pusat Statistik Situbondo, ”ucap Bung Karna.

    Kemudian, Bung Karna menegaskan, mengenai pertumbuhan ekonomi sempat terkontraksi dan terdegradasi minus 2,33 persen akibat pandemi Covid-19, pada 2021 meski masih masa pandemi Covid-19 pertumbuhan ekonomi mampu tumuh positif di angka 3,26 persen, dan pada tahun 2022 pertumuhan ekonomi naik lagi menjadi 4,39 persen.

    “ Pada tahun 2023 pertumbuhan ekonomi kembali naik di angka 4,9 persen, sehingga ini menjadi indikasi bahwa selama kepemimpinan saya dan Nyai.Hj.Khoirani pertumbuhan ekonomi di Situbondo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, ”tegasnya.

    Lebih jauh, Bupati Situbondo menjelaskan bahwa indeks kepuasan layanan infrastruktur pada 2023 ada di angka 83,59 atau kriteria baik. Ini menggambarkan ukurna umpan balik tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh Pemkab Situbondo semakin baik dari aspek ketersediaan fisik, kualitas fisik, kesesuaian dna efektifitas pemanfaatan dna lainnya.

    “ Terkait dengan indeks reformasi birokrasi Pemkab Situbondo pada 2022 di angkar 68,83 dan pada 2023 meningkat 70,14 atau meningkat 1,31 persen. Ini sudah menunjukkan nilai kemajuan pelaksanaan program reformasi birokrasi dalam mencapai sasaran, yakni mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, kapabel serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan publik secara prima, ”pungkas Bung Karna. (Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini