• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Ritual Petik Laut Mimbo Desa Sumberanyar Banyuputih, Dikawal Satpolairud Polres Situbondo

    trilokanews
    Jumat, Juli 26, 2024, 11.39 WIB Last Updated 2024-07-26T04:39:42Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur – Satpolairud Kepolisian Resort (Polres) Situbondo, Polda Jatim melaksanakan pengamanan kegiatan petik laut di sekitar pantai Dusun Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (25/07/2024).

    Dalam acara tradisi petik laut yang dilaksanakan oleh para nelayan atau penduduk pesisir setempat dengan memohon kepada Tuhan yang maha kuasa agar diberikan keselamatan saat melaut serta diberikan berkah yang melimpah dalam bekerja menangkap ikan.

    Kapolres Situbondo AKBP Rezi Darmawan, S.I.K, M.I.K melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa, S.H, M.H menjelaskan, bahwa kegiatan tradisi petik laut mempunyai kerawanan adalah saat ritual Larung sesaji ke tengah laut. 

    Diungkapkan mantan Kapolsek Asembagus itu, kebiasaan warga setelah bitek di lepas ditengah laut biasanya masyarakat yang ikut ke tengah laut terjun kelaut untuk mengambil sesaji yang akan di taruh di kapal atau perahunya masing- masing yang digunakan untuk menangkap ikan, pada saat terjun ke tengah laut tersebut itu yang kita monitor, dikhawatirkan ada yang tenggelam atau terdapat kendala seperti karam perahunya dan lainnya 

    “ Untuk keamanan dan keselamatan masyarakat, personil Satpolairud dikerahkan untuk pengawalan dan pengamanan diperairan Dusun Mimbo saat larung atau melepas bitek (sesaji) ke tengah laut, ”terangnya.

    Selain itu, Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa juga menghimbau kepada para nelayan dan masyarakat pesisir untuk waspada dengan cuaca, karena menurut BMKG terdapat anomali cuaca yang suatu saat bisa berubah baik kecepatan angin atau gelombang yang dapat menimbulkan kendala saat menangkap ikan.

    “ Selain pengamanan, personil Satpolairud juga menyampaikan pesan kamtibmas kepada nelayan dan warga agar tetap mengutamakan keselamatan saat mengikuti acara petik laut termasuk memperhatikan kondisi cuaca saat melepas sesaji ke tengah laut, ”pungkasnya. (Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini