• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Pemeriksaan Dan Operasi Katarak Gratis di Situbondo Memulihkan Penglihatan Masyarakat

    trilokanews
    Selasa, Juli 02, 2024, 13.08 WIB Last Updated 2024-07-02T06:08:39Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur - Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Kesehatan kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menggelar pemeriksaan dan operasi katarak gratis. Bekerjasama dengan Jonh Fawcett Foundation (JFF), di Gedung Serbaguna Baluran, Jalan PB Sudirman, Situbondo, Selasa, (2/7/2024)

    Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, MM, Wakil Bupati Situbondo, Hj. Khoirani, Sekretaris Daerah Situbondo, Wawan Setiawan, dan Ketua Umum TP PKK Situbondo.

    Operasi katarak gratis "Semangat Soca Terak" ini merupakan langkah strategis untuk menangani penyakit katarak yang masih menjadi salah satu penyebab utama kebutaan di Indonesia. 

    Melalui program ini, masyarakat Situbondo akan mendapatkan akses layanan kesehatan mata yang berkualitas tanpa perlu mengeluarkan biaya.

    Selain operasi katarak, program ini juga menyediakan pemeriksaan kesehatan mata dan pemberian kacamata gratis bagi mereka yang membutuhkan. Ini merupakan upaya komprehensif untuk meningkatkan kesehatan mata masyarakat Situbondo.

    Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengumumkan kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan JFF untuk menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi 1500 orang. Inisiatif ini didasari oleh tingginya jumlah penderita katarak di Kabupaten Situbondo yang tidak terlayani selama pandemi Covid-19.

    "Penderita katarak di Kabupaten Situbondo masih banyak. Karena selama pandemi Covid-19 kita tidak melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis ini. Oleh karena itu, pada tahun 2024 ini kita akan melaksanakan operasi katarak kepada ribuan penderita," jelas Bupati Karna.

    Sementara itu, Kepala Dinkes Situbondo, dr. Sandy Hendrayono, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meminimalisir kebutaan akibat katarak. 

    "Diharapkan dengan adanya operasi katarak gratis ini, kebutaan akibat katarak di Situbondo dapat diminimalisir. Selain itu, perlu dilakukan upaya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan mata secara berkala, agar katarak dapat terdeteksi dan diobati dengan cepat," ucapnya.

    Kegiatan ini menjadi bukti komitmen Bupati Karna dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Situbondo, khususnya bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan akibat katarak. Operasi ini diharapkan dapat membantu para penderita untuk kembali melihat dengan jelas dan meningkatkan kualitas hidup mereka.(Sony)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini