• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Keritikan Pedas Buat Dinas Ciptakarya Terkait Asal Jadi Pemasangan Pondasi Besi nya

    trilokanews
    Rabu, Juni 26, 2024, 13.44 WIB Last Updated 2024-06-26T06:44:09Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     Kritik Pedas Dari LSM: Pembangunan USB SDN Karang Sentosa 04 Dinilai Asal Jadi, Mengancam Keselamatan Anak Sekolah








    Kabupaten Bekasi - Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SDN Karang Sentosa 04 di Desa Karangsentosa, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi yang dikerjakan oleh CV. ANDI KARYA MANDIRI dengan anggaran sebesar Rp. 5.207.191.000,00, menuai kritik pedas dari DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi serta DPP LSM Suara Pemuda Indonesia. Pekerjaan tersebut diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Senin (24/6/2024).


    Menurut Wakil Sekjen DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya, Ujang HS, pembangunan USB SDN Karang Sentosa 04 diduga dilakukan asal jadi dan mengabaikan keselamatan kerja.


    "Dari hasil investigasi Tim DPD LSM Prabhu di lapangan, ditemukan beberapa kejanggalan yang sangat fatal di antaranya, pemasangan cakar ayam tidak menggunakan pasir urug sebagai lantai dasar, dan pemakaian lantai kerja berbentuk beton hanya setebal lebih kurang 2 centimeter. Hal tersebut jelas tidak sesuai dengan gambar yang sudah ditetapkan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi," ucap Ujang.


    Ujang juga mengkritik pengawas dan konsultan proyek yang diduga tutup mata terhadap ketidaksesuaian tersebut. "Pengawas dan konsultan diduga tutup mata. Saat dikonfirmasi, konsultan hanya menjawab untuk menanyakan langsung ke kepala tukang. Dengan kejadian seperti itu, patut diduga konsultan tutup mata. Lalu apa fungsi konsultan dan pengawas di lapangan?" tanyanya.








    Di tempat berbeda, Direktur Investigasi DPP LSM Suara Pemuda Indonesia, Indra Pardede, menyatakan bahwa dugaan ketidak sesuaian pekerjaan dengan RAB sangat memprihatinkan dan dapat membahayakan keselamatan banyak orang.


    "Pekerjaan yang asal-asalan seperti ini tidak hanya mengkhianati kepercayaan masyarakat tetapi juga bisa menimbulkan risiko serius. Pihak terkait harus segera turun tangan dan mengevaluasi ulang proyek ini. Kami akan terus memantau perkembangan dan mendesak agar tindakan tegas diambil terhadap pihak-pihak yang lalai," ujar Indra Pardede.


    Lanjut Indra Pembangunan USB SDN Karang Sentosa 04 seharusnya memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk memastikan kualitas dan keamanan bangunan, terutama karena digunakan oleh anak-anak sekolah. Pelaksanaan proyek ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa dana yang digunakan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan, tegas Indra.


    Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SDN Karang Sentosa 04 yang dimenangkan oleh CV. ANDI KARYA MANDIR dengan Pagu Anggaran sebesar Rp.5.207.191.000,00

    Diduga kuat kegiatan tersebut lepas dari pengawasan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi dan pihak Konsultan Pengawas. 

    Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SDN Karang Sentosa 04 diduga dikerjakan asal-asalan dan diduga kuat tapak pondasi tidak menggunakan hamparan pasir 10 cm dan lantai kerja 5 cm sert galian pondas dari titik nol keboplang 140 -150 cm dan dilakukan pengecoran cakar ayam di aduk secara manual. Tidak menggunakan  Mesin Alkon tersebut tidak dilaksanakan dan terkesan konsultan pengawas tutup mata. Besar kemungkinan peralatan utama yang dibutuhkan dalam kegiatan ini tidak dapat dipenuhi pihak kontraktor Pungkasnya.



    RUDI

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini