• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Bung Karna Berikan Bantuan Arco Kepada 250 Peternak Sapi di Situbondo

    trilokanews
    Kamis, Juni 06, 2024, 18.51 WIB Last Updated 2024-06-06T11:51:10Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     
    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyerahkan bantuan arco pada 250 peternak sapi di Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo Kota, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (6/6/2024). 

    Bupati Situbondo pada kesempatan tersebut, Karna Suswandi mengatakan, bantuan arco tersebut diharapkan dapat meringankan pekerjaan para peternak sapi, terutama saat membersihkan kandang. 

    " Kalau sebelum ada arco bapak-ibu peternak sapi ini kan membersihkan kotoran sapi dan sisa pakan harus diangkat dengan menggunakan karung dan sejenisnya. Tetapi sekarang dengan adanya bantuan arco ini untuk membersihkan kotoran sapi dan sisa pakan cukup dengan di dorong saja, "kata Bupati Karna Suswandi.

    Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini meminta kepada para peternak untuk tidak membuang kotoran sapi dan sisa pakan ternak sembarangan. Sebab, kotoran sapi dan sisa pakan tersebut bisa digunakan untuk pupuk organik yang sangat bermanfaat untuk kesuburan lahan pertanian. 

    "Jangan dibuang sembarangan sisa pakan dan kotoran sapinya. Tetapi buatlah lubang di sekitar kandang, lalu kotoran sapi dan sisa pakan dibuang di sana. Karena apa? Kotoran sapi dan sisa pakan ini nantinya bisa digunakan sebagai pupuk organik, sehingga bapak-ibu tidak bergantung pada pupuk kimia saja," terangnya. 

    Sementara itu, Kepala Desa Kalibagor, Misnadin menyampaikan, bantuan 250 arco tersebut dibeli dengan menggunakan dana desa (DD) Desa Kalibagor Tahun Anggaran 2024. 

    "Di Kalibagor ini banyak yang memelihara sapi, kalau tidak salah ada 348 ekor sapi. Bantuan arco ini untuk memudahkan mereka membersihkan kandang sapinya," ujarnya.

    Sementara itu, perwakilan peternak sapi penerima bantuan arco, Aswoyo mengaku senang mendapat bantuan arco.

    "Alhamdulillah terima kasih kami sampaikan kepada bapak Kades, bapak bupati yang telah peduli kepada kami para peternak sapi," terangnya. 

    Aswoyo menjelaskan, bantuan arco ini merupakan yang pertama kalinya diterima oleh para peternak sapi di Desa Kalibagor. 

    "Ini yang pertama, sebelumnya tidak ada bantuan seperti ini," pungkasnya. (Sony)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini