• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    KPU Situbondo Melantik 85 PPK se Kabupaten Situbondo

    trilokanews
    Kamis, Mei 16, 2024, 15.05 WIB Last Updated 2024-05-16T08:05:14Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    trilokanews.com - Situbondo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo melantik 85 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari 85 PPK yang dilantik sebanyak 75 persen wajah baru,  Kamis (16/05/2024).

    Pelantikan PPK yang berlangsung di Ballroom Hotel Lotus SMKN 1 Panji, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, disaksikan 17 camat, Sekretaris Kesbangpol Situbondo dan pihak-pihak terkait lainnya.

    Usai melantik PPK, Ketua KPU Situbondo Marwoto  dihadapan sejumlah awak media mengatakan, pasca pelantikan ini seluruh PPK harus sudah bekerja menjalankan tahapan, karena tahapan-tahapan pilkada serentak tahun 2024 sudah dimulai.

    "PPK harus mampu mengawal proses rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan PPK juga harus berkoordinasi dengan PPS terkait dengan pantarlih. Karena D4 sudah di terima oleh KPU RI. Dua poin ini yang harus dipersiapkan teman-teman PPK," kata Marwoto.

    Lebih lanjut, Marwoto mengatakan bahwa, TPS di Situbondo sekarang berkurang separuh dari pemilu. "Kalau Pemilu jumlah TPS 20.185 sekarang menjadi 1185. Sesuai dengan regulasi kalau pemilu DPT-nya 300 hingga 500 dan kalau Pilkada DPT-nya berkisar 400 hingga 900,” kata Marwoto.

    Tak hanya itu yang disampaikan Ketua KPU Situbondo, namun dia menjelaskan dari 85 PPK yang baru dilantik didominasi dengan wajah-wajah baru dan hanya ada di dua kecamatan yang PPK-nya tidak berubah. “Ada sekitar 75 persen wajah-wajah baru yang menjadi penyelenggara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan,” jelasnya.

    Untuk keterwakilan perempuan yang menjadi penyelenggara di PPK, kata Marwoto ada sekitar 24 persen. “Dari 85 PPK, ada 20 orang perwakilan perempuan yang tersebar di 17 kecamatan,” pungkas Marwoto Ketua KPU Situbondo. (Heri)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini