• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Satpolairud Polres Situbondo Sapu Bersih Sampah Laut

    trilokanews
    Jumat, Januari 26, 2024, 16.10 WIB Last Updated 2024-01-26T09:10:29Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur - Dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan laut dan pantai yang bersih, maka dilakukan gerakan sapu bersih sampah laut yang dilaksanakan di lingkungan pantai atau laut pelabuhan kalbut Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (26/1/2024) pagi.

    Gerakan sapu bersih sampah laut tersebut langsung dipimpin oleh Kasat Polairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH bersinergi dengan lintas sektoral dan masyarakat sekitar serta Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan kalbut

    Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, SH, SIK, MH melalui Kasat Polairud Polres Situbondo menerangkan, bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu program Kakorpolairud Baharkam Polri dan juga untuk mendukung  pengelolaan kebersihan di lingkungan pinggiran pantai atau laut dan kegiatan ini sudah merupakan kewajiban semua elemen masyarakat untuk mengimplementasikan pemanfaatan lingkungan bagi masyarakat sekitar dan mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran pantai juga laut.

    Sambung mantan Kapolsek Asembagus ini, selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan penyadaran tentang bahaya pencemaran laut kepada masyarakat dan mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam pengendalian pencemaran dengan memilah sampah organik dan sampah non organik guna mendapatkan nilai ekonomi dan pemanfaatannya dan hasil sampah dari kegiatan tersebut dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS) terdekat.

    Kata Perwira Polisi yang murah senyum ini, mengapa pelabuhan Kalbut dipilih untuk lokasi bersih sampah, karena pelabuhan Kalbut tempat yang biasa digunakan tempat sandarnya kapal nelayan milik masyarakat sekitar serta juga tempat biasanya berlabuh kapal dari kepulauan Madura dan lokasi penyeberangan karyawan yang bekerja di kapal pertamina STS Kalbut.

    " Hal ini perlu diperhatikan kebersihannya agar tidak terlihat kotor, "cetusnya.

    Lanjutnya, apabila lingkungan kelihatan bersih maka masyarakat yang berada di tempat tersebut juga nyaman dan kebetulan juga Pos SAR Satpolairud Polres Situbondo juga berada di lingkungan pelabuhan Kalbut yang dikelola oleh KSOP Panarukan.

    " Sehingga kita wajib peduli lingkungan, "ujarnya.

    Sementara itu, salah satu pedagang yang berjualan di pelabuhan kalbut yang mengaku bernama Mardi (40) sangat mendukung dengan kegiatan yang dilakukan oleh Satpolairud Polres Situbondo yang telah menggalakkan sapu bersih sampah laut, sehingga lingkungan pelabuhan kalbut menjadi bersih dan nyaman.

    " Pengunjung pelabuhan kalbut menjadi senang menikmati pemandangan laut sambil membeli kopi di warung saya, "ujarnya. (Sony)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini