• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Pemdes Paowan Gelar Evaluasi Peningkatan Kapasitas Kewilayahan Lembaga Kemasyarakatan Desa RT/RW Tahun 2024

    trilokanews
    Rabu, Januari 10, 2024, 21.49 WIB Last Updated 2024-01-10T14:49:45Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur - Dalam rangka peningkatan kualitas para Ketua RT dan RW, Pemerintah Desa Paowan, Kecamatan Panarukan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW, bertempat di Aula Kantor Desa Paowan, Rabu (10/1/2024) malam.

    Acara tersebut di hadiri oleh Camat Panarukan Ali Munir, S.ST, MM, Kapolsek Panarukan Iptu Adri Yumantoro, Danramil 0823/05 Panarukan Lettu Kav Suyitno, Kepala Desa Paowan Surya Dharma, Bhabinkamtibmas Desa Paowan Bripka Ginang, Kanit Intel Aiptu Dedi Setiyono, Babinsa Desa Paowan Serma Jefri, para ketua RT/RW Se-Desa Paowan, seluruh perangkat Desa Paowan serta BPD Paowan bersama anggota juga para tamu undangan yang hadir.

    Kepala Desa Paowan Surya Dharma dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW ini bertujuan agar Ketua RT dan RW tahu tugas dan fungsinya.

    " Para ketua RT dan RW mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan yang berat karena turut serta menjalankan roda pemerintahan di tingkat Desa, "ucap Surya Dharma. 

    Menurut Kepala Desa mantan anggota BPD Paowan ini, bahwa saat ini, Pemerintah Desa dituntut mampu mengelola anggaran pemerintah yang nilainya cukup besar. 

    " Sehingga kami (Kepala Desa, red) harus lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai kegiatan seperti peningkatan kapasitas, pelatihan LKD ataupun bimbingan teknis (Bimtek), "terangnya.

    Sementara itu, Camat Panarukan Ali Munir, S.ST.,MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT dan RW ini sangat penting, karena untuk memperkuat tugas dan fungsi para ketua RT dan RW sebagai garda terdepan yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

    " Mari kita niatkan untuk ibadah dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai ketua RT dan RW di desa Paowan ini, "ujar Camat Panarukan Ali Munir juga selaku narasumber pada acara tersebut.

    Ali Munir menjelaskan, tugas dan fungsi RT/RW adalah untuk membantu Pemerintah Desa dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

    “ Saya berharap dengan diadakan kegiatan ini bisa menjadi evaluasi para RT/RW untuk menciptakan sinergitas dengan Pemerintah serta menjadi tolak ukur agar kedepannya menjadi lebih baik, ”harapnya.

    Ditempat yang sama, Danramil 0823/05 Panarukan Lettu Kav Suyitno bersama Kapolsek Panarukan Iptu Adri Yumantoro mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah tepat yang digagas oleh Pemerintah Desa Paowan Kecamatan Panarukan. Sebab, sangat tepat sekali mengadakan acara ini, karena menjelang pesta demokrasi 2024.

    " Kami tegaskan agar Lembaga Kemasyarakatan Desa RT dan RW Desa Paowan, Kecamatan Panarukan untuk menjaga netralitas ketika menggunakan media sosial (medsos). Juga memantau orang tidak dikenal apabila masuk ke lingkungan masing-masing harus diperhatikan dan setiap kegiatan kegiatan apapun masyarakat di wilayah basis bawah menjelang Pemilu 2024 juga dipantau, "tegas Lettu Kav Suyitno.

    Sementara, Kapolsek Panarukan Iptu Adri Yumantoro dalam sambutannya mengatakan, Pemilu 2024 yang tinggal beberapa hari inipun menjadi atensi pihak Polres dan Kodim Situbondo dalam hal pengamanan untuk kondusifitas di masing-masing wilayah setempat.

    " Kami mengingatkan kepada aparatur Pemerintah Desa Paowan dan jajarannya, untuk netral dalam Pemilu 2024, "ujarnya.

    Iptu Adri juga menyampaikan kepada seluruh undangan yang hadir dalam acara tersebut, berkaitan dengan salah satu tahapan Pemilu 2024 yakni tahapan kampanye yang sudah di mulai, "pungkasnya. (Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini