• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Amankan 1 Juta Rokok ilegal, Bea dan Cukai Jember Apresiasi Satpol PP Situbondo

    trilokanews
    Rabu, November 08, 2023, 21.27 WIB Last Updated 2023-11-08T14:28:52Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
     
    Caption foto - Petugas gabungan, saat memberikan keterangan pers di kantor Satpol PP Situbondo.

    trilokanews.com - Situbondo, Jawa Timur - Kepala Bea dan Cukai Pabean Jember Apresiasi Satuan Polisi Pamong Praja (Sat-Pol PP) Kabupaten Situbondo, karena telah bekerjasama bersama petugas Bea dan Cukai Pabean Jember melakukan razia rutin terhadap peredaran rokok ilegal di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

    Hal ini, dalam melakukan penindakan sebanyak 152 kali, mulai bulan Januari hingga Oktober tahun 2023, petugas gabungan berhasil mengamankan sekitar satu juta rokok ilegal, itupun dari berbagai merk rokok ilegal, baik ditingkat pengecer maupun distributor di Kabupaten Situbondo.

    Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Pabean Jember, Jawa Timur, Asep Munandar mengatakan, dalam melakukan operasi rokok ilegal selama 10 bulan, petugas gabungan berhasil mengamankan sekitar satu jutaan batang rokok ilegal.

    “ Dari jumlah total 1 juta batang rokok ilegal yang berhasil diamankan petugas gabungan, potensi kerugian negara di bidang cukai sekitar Rp 700 juta, ”ucap Asep Munandar, saat memberikan keterangan press release bersama awak media di Auditorium Kantor Sat-Pol PP Kabupaten Situbondo, Rabu (8/11/2023).

    Asep Munandar menegaskan, bahwa petugas gabungan hampir setiap hari melakukan operasi, namun hingga kini peredaran rokok ilegal masih marak di wilayah Kabupaten Situbondo.

    “Untuk tahun 2023 ini peredaran rokok ilegal di Situbondo jumlahnya masih marak. Bahkan, saat ini peredaran rokok ilegal merata di 17 Kecamatan di Kabupaten Situbondo ,”bebernya.

    Menurutnya, Bea Cukai berperan dalam menghimpun penerimaan Negara dan mendukung kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCHT) yang dialokasikan kepada pemerintah daerah.

    " Dengan pemberantasan rokok ilegal diharapkan penerima negara maupun penerima daerah lebih meningkat untuk kesejahteraan masyarakat, "tukasnya.

    Pria yang akrab dipanggil Asep ini menegaskan, dari bulan Januari hingga sampai bulan Oktober tahun 2023 di wilayah kerjanya, capaian kinerja petugas Bea Cukai Jember mencapai Rp104 miliar. Padahal target untuk tahun 2023 sebesar Rp 153 miliar.

    “Artinya, masih ada angka yang harus kita penuhi pada akhir Desember 2023 untuk memenuhi target tersebut. Maka dari itu, untuk mencapai target sebesar Rp153 miliar, kami akan memanfaatkan jangka waktu dua bulan kedepan, ”pungkasnya.

    Sementara menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol - PP) Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi berharap, peredaran rokok ilegal di Situbondo menurun. Sebab, itu menjadi bukti bahwa sosialisasi yang dilakukan berdampak terhadap menurunnya peredaran rokok ilegal di Situbondo.

    “ Untuk menekan peredaran rokok ilegal, kami sering melakukan sosialisasi tentang rokok ilegal yang menimbulkan banyak kerugian negara,” bebernya.

    Sopan Efendi menambahkan, bahwa peredaran rokok ilegal di Situbondo sudah menurun, karena kegiatan sosialisasi sering dilakukan yang akan berdampak terhadap menurunnya peredaran rokok ilegal di Kabupaten Situbondo.

    " Kita kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang rokok ilegal yang menimbulkan banyak kerugian negara dan dari 17 Kecamatan wilayah Kabupaten Situbondo kita bisa tekan secara pelan pelan agar supaya yang awalnya warnanya dari merah ke kuning, kuning menjadi hijau, sehingga ke depan kita bisa bekerja sama dengan baik dan tidak ada lagi peredaran rokok ilegal, "ujarnya.

    Menurut Sopan Efendi, dengan dibangunnya kemitraan ini, diharapkan kepada perusahaan media yang bermitra dengan Satpol PP Pemkab Situbondo agar berpartisipasi aktif, untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait peredaran rokok ilegal yang sangat merugikan negara.

    “ Kami berharap kemitraan dengan rekan media juga bisa menekan berkurangnya peredaran rokok ilegal, ”katanya.(Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini