• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Sekda Optimistis Kabupaten Bekasi Mampu Meraih Hasil Terbaik

    trilokanews
    Kamis, Agustus 31, 2023, 22.15 WIB Last Updated 2023-08-31T15:15:34Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    trilokanews.com - Kabupaten Bekasi - 
    Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung terpilih sebagai perwakilan daerah dan provinsi dalam program tingkat nasional, yakni Pilot Project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) tahun 2023.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan mendampingi tim penilai dari Kemendagri dalam agenda observasi lapangan oleh Pokja IV Tim Penggerak PKK Pusat, pada Kamis (31/08/23).

    Dedy Supriyadi mengaku optimistis Kabupaten Bekasi mampu meraih hasil terbaiknya dengan keluar sebagai Pilot Project Gagah Bencana kategori Peduli Lingkungan tingkat nasional. Melihat segala program, potensi dan inovasi yang telah dijalankan oleh Kelurahan Wanasari khususnya warga RW 18 Perum Bekasi Regensi II.

    “Kami selaku pemerintah daerah komitmen dan konsisten, mudah-mudahan ini akan menjadi pilot project untuk tingkat nasional. Semoga observasi lapangan ini hasilnya yang terbaik untuk Kabupaten Bekasi yang mewakili Jawa Barat terkait dengan bidang peduli lingkungannya. Insya Allah kami optimis dan yakin,” ucap Dedy.

    Ketua Tim Penilai dari Pokja IV TP PKK Pusat, Nurjanah menjelaskan, pilot project ini diikuti oleh seluruh daerah se-Indonesia dengan masing-masing tema yang dipilih, termasuk Kabupaten Bekasi yang mewakili Provinsi Jawa Barat memilih tema Peduli Lingkungan.

    “Jadi kalau tahap ini sudah berhasil artinya sudah melewati tiga tahap sebelumnya, dari 38 provinsi menjadi 25 provinsi dan sekarang di tahap observasi lapangan ada sebanyak 17 provinsi. Poin pentingnya ada di keterkaitan dan kemanfaatan, apakah ini benar-benar piloting yang dimulai dari tahun 2021 dan seterusnya sehingga ini dapat menjadi suatu program untuk keberlangsungan bagi warga tentang peduli lingkungan,” jelas Nurjanah.

    Dia juga menyebutkan bahwa, para kader TP PKK di Kabupaten Bekasi yang dalam hal ini lokusnya adalah RW. 018 Perum Bekasi Regensi II telah maksimal dalam memanfaatkan dan mengelola berbagai program dan inovasi yang tadinya berangkat dari permasalahan banjir dan terus berkembang pada sektor-sektor mendasar lainnya.

    “Pengelolaan sampah, monitoring sampai dengan pelaporan di sini sudah cukup bagus, terlihat dari produk-produk yang dihasilkan baik produk rumah tangga, pengolahan makanan dan lain sebagainya. Poin penting tadi sudah terpenuhi yaitu bagaimana produk yang dihasilkan juga bernilai ekonomis yang bisa menjadi income bagi masyarakat disini, karena penilaiannya akan melihat efektifitas dan efisiensinya sejauh mana berpengaruh terhadap salah satu kriteria untuk dinilai,” tambahnya.

    Camat Cibitung, Encun Sunarto menambahkan, melihat respon yang ditunjukkan oleh tim penilai dari TP PKK Pusat, dirinya yakin bahwa dengan segala kesiapan mulai dari penyajian data, kemudian peninjauan lapangan terhadap spot-spot yang telah ditentukan, Kabupaten Bekasi pantas menyandang pilot project Gagah Bencana tingkat nasional di bidang Peduli Lingkungan.

    “Kami yakin bahwa kita siap menjadi pilot project untuk skala nasional, bagaimana keindahan lingkungan tempat tinggal masyarakat, manajerial sampah organik dan non organik yang bisa menjadi produk kerajinan tangan dan ekoenzim, hingga hasil olahan-olahan tanaman di lingkungan rumah yang aman untuk dikonsumsi,” ujar Encun. (Mariam) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini