• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Evaluasi IDM 2023, Tidak Ada Desa Tertinggal di Kabupaten Situbondo

    trilokanews
    Rabu, Agustus 23, 2023, 21.12 WIB Last Updated 2023-08-23T14:13:10Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
     


    trilokanews.com - Situbondo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo melaksanakan acara Sosialisasi dan Evaluasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2023, Rabu (23/08/2023), bertempat di aula lantai II Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Situbondo. 

    Keterangan yang berhasil dihimpun trilokanews.com dari DPMD Kabupaten Situbondo, tidak ada satu pun desa di Kabupaten Situbondo yang berstatus Desa tertinggal. 

    Bupati Situbondo, Karna Suswandi di hadapan ratusan Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan pendamping desa menyampaikan dirinya optimistis 34 Desa berkembang yang ada di Kabupaten Situbondo bisa naik kelas menjadi desa maju pada tahun 2024.

    " Saya berharap tahun depan sudah tidak ada lagi Desa berkembang di Kabupaten Situbondo. Semua sudah menjadi Desa maju dan mandiri, "ujarnya. 

    Lebih lanjut, Bupati Karna meminta kepada Camat untuk mencatat desa mana saja yang masih berstatus desa berkembang. Sehingga desa-desa tersebut menjadi prioritas program Pemerintah. 

    " Saya minta dicatat Pak Camat biar tidak lupa. Data itu menjadi prioritas pelaksanaan kegiatan di masing-masing desanya. Utamanya Kecamatan Banyuglugur, Jangkar, Jatibanteng. Sumbermalang dan Mlandingan ini perlu penguatan dan pendamping. Pak Kadis PMD, ini perlu ada perhatian khusus bagaimana status desa berkembang ini tahun depan sudah tidak ada lagi, "ucapnya.

    Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, untuk mewujudkan itu semua, butuh kerja keras, sinergitas, kolaborasi seluruh stakeholder yang ada, termasuk KPM dan pendamping Desa.

    " Oleh karena itu, kami berharap seluruh KPM dan pendamping Desa bersama Camat dan Dinas PMD bisa berupaya maksimal di dalam meningkatkan status Desanya masing-masing, "imbuh Bung Karna.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Suriyatno menjelaskan, ada tiga jenis indeks yang membentuk IDM. Tiga  indeks tersebut antara lain ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan. 

    Mantan Camat Besuki ini membeberkan, tahun 2023 ini, dari 132 desa di Situbondo, ada 34 Desa berstatus berkembang, 63 Desa berstatus maju dan 35 Desa berstatus mandiri.

    " Sementara itu, alhamdulillah untuk Desa berstatus tertinggal nol, "pungkasnya. (Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini