• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    BPD Paowan Gelar Musdes Pilkades PAW, Surya Dharma Raih Suara Terbanyak

    trilokanews
    Minggu, Juni 18, 2023, 21.00 WIB Last Updated 2023-06-18T14:00:22Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
     


    trilokanews.com - Situbondo - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Paowan, Kecamatan Panarukan melaksanakan Musdes Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu (PAW) periode 2023 - 2025, yang berlangsung di Pendopo Desa Paowan, Minggu (18/06/2023).

    Pemilihan ini dilakukan kerena kepala desa definitif sebelumnya tersandung kasus dan telah di berhentikan beberapa bulan yang lalu. Sehingga untuk mengisi kekosongan pada pemerintahan desa Paowan hingga pemilihan serentak yang akan datang, maka diadakanlah Pilkades PAW kali ini.

    Sebelum melakukan pemilihan PAW, BPD bersama Pemdes Desa Paowan telah membentuk panitia pemilihan untuk menerima para calon kepala desa PAW dan sekaligus menyeleksi para calon sesuai poin-poin yang telah ditetapkan dengan berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup) tentang pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW).

    Dari 6 bakal calon kepala desa kemudian dilakukan uji kemampuan atau tes tulis dari tim penguji Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, hasilnya seleksi panitia, muncul 3 orang calon yang memenuhi syarat sesuai ketentuan. Yaitu, Surya Dharma, Eko Supriyadi dan Hartono.

    Kemudian, pelaksanaan Pilkades PAW Desa Paowan dilakukan dengan cara musyawarah yang dilakukan oleh tokoh perwakilan dari setiap dusun yang telah dipilih oleh warga sebanyak 271 orang dari berbagai unsur masyarakat.

    Selanjutnya dari keputusan musyawarah, menghasilkan mufakat menyatakan bahwa pemilihan dilakukan dengan menggunakan pemungutan surat suara.

    "Kepada semua calon kita harapkan agar mengikuti Pilkades PAW ini secara demokrasi dan dalam hal menang kalah itu merupakan hal biasa dalam berdemokrasi dan harus sama-sama mentaati aturan yang ada," ujar Ketua BPD Paowan, Lutfi Zainullah usai memberikan sambutan pada pelaksanaan Musdes Pilkades PAW tersebut.

    Dari hasil pemilihan, maka di dapati hasil suara terbanyak diperoleh oleh Surya Dharma dengan 152 suara, sementara Hartono 95 suara dan Eko Supriyadi memperoleh 20 suara.

    "Pemilihan Kepala Desa PAW di Kecamatan Panarukan ini untuk kedua kalinya, setelah Desa Sumberkolak dilakukan sebelumnya dan saat ini dilakukan oleh Desa Paowan. Alhamdulillah sukses berjalan dengan lancar,"ujar H. Fauzan Mistari selaku Ketua Panitia Pelaksana Pilkades PAW Desa Paowan. 

    Menurut ketua panitia yang juga merupakan ketua RT wilayah Dusun Kesambiyan itu, bahwa pelaksanaan berjalan lancar, aman, tertib dan kondusif sesuai yang kita harapkan, serta telah sesuai dengan aturan yang berlaku tentang pelaksanaan PAW Kepala Desa.

    "Setelah ini panitia akan menyerahkan hasil ini ke BPD dan kemudian BPD meneruskan ke Camat,  selanjutnya ke Dinas PMD untuk proses pelantikan," tutup H. Fauzan Mistari.

    Pada acara Musdes Pilkades PAW tersebut, turut hadir, Kepala Dinas PMD Kabupaten Situbondo bersama Sekdis dan Kabid PMD, Camat Panarukan diwakili Sekcam dan Kasi Pemerintahan, Kapolsek Panarukan, Danramil 0823/05, serta Pj Kepala Desa, ketua BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, 1 pleton personel Satsamapta Polres Situbondo, 1 pleton Satlinmas Desa Paowan dan tokoh masyarakat Desa Paowan, Kecamatan Panarukan. (Bro)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini