• Jelajahi

    Copyright © trilokanews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan atas

     


    Pesawahan Desa Karangsatu Dan Karangmukti Kecamatan Karang bahagia Terancam Gagal Panen

    trilokanews
    Senin, Mei 01, 2023, 09.41 WIB Last Updated 2023-05-01T02:44:00Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
     


    trilokanews.com - Kabupaten Bekasi - Petani di dua Desa Karangsatu dan Desa Karangmukti Mengeluh akibat Sawahnya diduga gagal panen di Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengeluhkan penyakit daun padi merah langsung mengering dan pohon padi menjadi busuk yang menyerang tanaman padi mereka. Berakibat terancam gagal panen pun menghantui para petani.

    "Kami menyebutkannya penyakit daun merah karena daun padi terlihat menjadi merah mengering dan terancam mati," kata Encep (65 ), salah satu petani di Desa Karangsatu dan Karangmukti, Minggu (30/04/2023)

    Menurut Encep salah satu petani, penyakit daun padi merah langsung mengering yang menimpa tanaman padi petani belum pernah terjadi sebelumnya baru tahun ini. Penyakit yang aneh ini lebih parah dibanding serangan hama lainnya," tutur Encep.

    "Hampir semua daun padi terserang penyakit daun merah dan itu mengancam padi sehingga bisa terancam gagal panen karna pohon padinya pada busuk serta tidak berbuah," ujarnya. 

    N. Rudiansah Ketua DPD Lsm Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi, disaat investigasi ke lokasi dan awak media ada ratusan hektar lahan pertanian di Kecamatan Karangbahagia terancam gagal panen pasalnya lahan pertanian menjadi tumpuan harapan para petani kini gagal dan musnah lah harapan para petani menurut salah satu petani, padi tersebut semestinya sudah pada keluar belakangan ini padi daunnya pada kering dan membusuk belum diketahui apa penyebabnya padahal petani sudah berupaya menyemprot berbagai obat organik dan pestisida namun tidak membuahkan hasil saya sudah kerepotan sudah mengeluarkan biaya yang cukup banyak agar padi tumbuh subur dan menghijau sejauh ini belum ada Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) yang turun ke lokasi untuk mengecek atau mencari tau apa penyebabnya penyakit yang menyerang tanaman padi tersebut melihat keadaan tersebut N. Rudiansah ketua DPD Lsm Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi meminta Pemkab Kabupaten Bekasi khususnya mentri pertanian agar turun ke lokasi untuk mencari tau apa penyebabnya karna dari hasil pertanian lah para petani bisa menghidupi keluarganya dan bisa menyekolahkan anaknya ke jenjang yang tinggi dengan mayoritas di Kabupaten Bekasi.

    Sampai sekarang tidak tahu itu jenis penyakit apa dan hama apa yang pasti sangat mengancam Para petani, petani sudah berupaya mengatasinya dengan bermacam-macam obat, tetapi tetap gagal, seperti penyakit menular yang mengancam semua daun padi di hamparan sawah yang berdekatan," katanya.

    N. Rudiansah ketua DPD Lsm Prabhu Indonesia Jaya kabupaten Bekasi meminta dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, agar menurunkan tenaga ahli bantuan untuk para petani yang berada di dua Desa Karangsatu dan Karangmukti yang berada di Kecamatan Karangbahagia, Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi agar melakukan penyuluh dan menurunkan tenaga ahli untuk mendeteksi jenis penyakit daun merah tersebut dan mencari obat untuk mengatasinya.

    "Kami khawatir penyakit daun merah ini menjadi ancaman setiap tahun, jika itu terjadi maka bisa menjadi ancaman terbesar bagi petani di Desa Karangsatu ini" Ungkapnya.(Napin).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini